close to you

Sabtu, 21 April 2012

Pustaka


Sirah Ibnu Ishaq
Buku Induk Sirah Nabawiyah

Judul:
Sirah Nabawiyah
Penulis:
Ibnu Ishaq/Ibnu Hisyam
Penerbit:
Akbar Media
Cetakan:
I, Februari 2012
Tebal:
Xxxii+768 hlm

Sirah Nabawiyah adalah rekaman seluruh mata rantai perjalanan Nabi Besar Muhammad SAW. dari kecil, remaja, dewasa, pernikahan, menjadi nabi, perjuangannya yang heroik, dan tantangan-tantangan besar yang dilaluinya, hingga wafatnya.
Membaca Sirah Nabawiyah bagaikan menelusuri tapak-tapak kehidupan Rasulullah SAW. secara detail dan rinci. Membaca Sirah Nabawiyah laksana mengurai perjalanan hidup Sang Nabi yang penuh warna.perjalanan hidup yang kaya nuansa. Perjalanan yang hidup yang penuh cita rasa. Tidak hanya berisi kisah-kisah suka, tapi juga duka, yang semuanya merupakan bagian dari perjuangan hidup Rasulullah SAW. Dan, salah satu hal yang sangat penting terkait Sirah Nabawiyah adalah merekam prosesi turunnya ayat-ayat Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW., sehingga kita bias mengetahui konteks ayat tersebut.

Buku ini dimulai dengan bab mengenai asal-usul Nabi Muhammad dan bangsa Arab. Bab ini mengupas mata rantai kenabian dari Adam AS. hingga Muhammad SAW.
Bab kedua memaparkan rangkaian peristiwa yang terjadi  sebelum lahirnya Nabi Muhammad SAW., awal terbentangnya kenabian di tanah Arab.
Bab ketiga menguraikan kelahiran Rasulullah SAW. dan kehidupannya sebelum menjadi nabi dan rasul.
Bab keempat, rahmatan lil’alamin. Bab utama mengenai Sirah Nabawiyah- ini secara sangat rinci memaparkkan diutusnya Muhammad sebagai nabi dan rasul serta turunnya Al-Qur’an secara bertahap mengiringi kehidupannya sebagai utusan Allah. Termasuk di dalamnya awal turunnya Al-Qur’an tokoh-tokoh yang pertama masuk Islam, hijrah pertama ke Habasyah, Isra Mi’raj, Abu Thalib dan Khadijah meninggal dunia, hijrah Rasullah ke Madinah, pembukaan Kota Makkah dan berbagai peperangan.
Bab kelima, saat kematian datang menjemput, menjelaskan episode-episode terakhir Rasulullah hidup di dunia.
Bab keenam, pada bab ini menunjukkan dengan jelas bagaimana suksesi pemerintahan kaum Muslimin sepeninggal Rasulullah SAW., dan sikap seorang pemimpin yang saleh tatkala diberi amanah menjadi pelayan umat.
Bab ketujuh membicarakan penyiapan dan pemakaman Rasullah SAW. Di dalamnya disebutkan bagaimana Rasullah SAW. dimandikan, dikafani dan dikuburkan. Sedangkan bab kedelapan atau penutup mengemukakan ujian berat bagi kaum Muslimin setelah Rasulullah SAW. wafat.

Buku ini sangat cocok bagi kita yang ingin mengenal lebih jauh Nabi Muhammad Rasulullah SAW.Banyak sekali ilmu baru yang akan kita dapat, sekaligus memperdalam kecintaan kita kepada beliau.
Akhirul kalam, wassalamu’alaikum wr.wb
sumber: koran republika (republika.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar